Senin, 29 Juli 2013

10 Fakta Menarik Tentang Phil Jones, Calon Bek Manchester United

Phil Jones
Phil Jones menuju Manchester United. Bek muda Blackburn Rovers itu menjalani tes medis di Old Trafford sebelum terbang ke Denmark bergabung dengan Inggris U21 yang berlaga di Piala Eropa U21.
Jones sudah lama diincar tim-tim besar Premier League. Tak hanya United, Liverpool dan Arsenal juga berminat pada produk asli akademi sepak bola Rovers ini.
Jones menjadi transfer mahal pemain muda Inggris kedua dalam pekan pertama Juni 2011 setelah Jordan Henderson pindah dari Sunderland ke Liverpool dengan harga transfer fantastis, 20 juta pounds.
Siapakah Phil Jones? Pantaskah ia dihargai mahal oleh Manchester United? Berikut 10 hal menarik tentang pemain berusia 19 tahun ini.
1. Nama lengkapnya Philip Anthony Jones, lahir di Preston, 21 Februari 1992. Berposisi sebagai bek tengah, tapi juga bisa bermain sebagai gelandang bertahan, seperti saat Blackburn dilatih Sam Allardyce.
2. Jones masih tinggal di Lancashire (wilayah homebase Blackburn) tinggal bersama ayah dan ibunya. Jones pernah mengatakan bahwa ia belum siap pergi jauh untuk pindah klub. “Saya belum berpikir untuk pergi (pindah klub), bila saya melakukannya mungkin saya bisa pulang kampung setiap hari untuk makan malam,”
3. Jones bergabung dengan Blackburn saat masih berusia 11 tahun dan langsung masih ke tim junior. Ia melakukan debutnya ketika masih berusia 17 tahun saat Blackburn menang 1-0 di Piala Liga (Carling Cup) lawan Nottingham Forest, 22 September 2009. Saat itu Jones langsung mendapat penghargaan man of the match karena bermain lugas di lini belakang.
4. Ia kemudian bermain lagi di Piala Liga lawan Peterborough United dan di Piala FA saat kalah dari Aston Villa sebelum melakukan debutnya di Premier League saat bermain imbang 1-1 dengan Chelsea di Ewood Park, 21 Maret 2010.
5. Pada musim 2009-10 Jones bermain dalam sembilan pertandingan liga dan langsung disodori kontrak jangka panjang berdurasi lima tahun. Jones kemudian menjadi pemain reguler di tim inti Blackburn di setiap pertandingan liga sebelum mengalami cedera lutut serius ketika ditahan imbang West Ham pada 12 Desember lalu. Sempat divonis absen sampai akhir musim, Jones pulih lebih cepat dan kembali bermain pada bulan Maret.
6. Jones melakukan debutnya di timnas Inggris U19 saat menang 3-1 lawan Turki, 17 Novembe 2009. Pada Agustus 2010, Jones melakukan debutnya di timnas Inggris U21 saat menghadapi Uzbekistan. Sejak itu Jones telah mengemas lima caps Inggris U21 dan masuk dalam skuad Stuart Pearce di Piala Eropa U21.
7. Jones memiliki klausul kontrak 16 juta pounds, artinya Blackburn harus melepas Jones kepada tim yang memberi tawaran sama dengan atau lebih besar dari klausul kontraknya. Itulah mengapa Jones bisa menjalani tes medis di Manchester United meski kedua tim hingga kini (Jumat, 10 Juni 2011) belum mengumumkan deal resmi transfer Jones dari Blackburn ke Manchester United. Menurut ESPN, Jones bahkan masih bisa pindah ke Liverpool atau Arsenal andai ia menyetujui kontrak yang disodorkan dua rival United itu. Namun hingga kini belum ada komentar dari United terkait hal ini.
8. Blackburn meraih kemenangan 9% lebih banyak dan kebobolan 0,57 gol lebih sedikit ketika Jones bermain. Selama 35 pertandingan di Premier League, Jones melakukan 211 penyelamatan, 808 umpan, dan 61 tekel. Ia hanya mengoleksi empat kartu kuning.
9. Jones masuk sepuluh besar pemain dengan tekel terbanyak musim lalu, dengan memenangkan 51 tekel dalam 2176 menit di lapangan, atau satu tekel bersih setiap 42,7 menit. Uniknya, statistik Jones ini lebih bagus dari semua bek yang ada di Manchester United.
10. Calon rekannya di Manchester United, Wayne Rooney, menyambut kedatangan Jones. Rooney menulis dalam akun Twitter-nya, “Phil Jones adalah pemain muda Inggris yang bagus. Salah satu bek paling tangguh yang saya hadapi musim lalu. Dia juga bisa bermain di gelandang,”. Namun yang pasti, Jones turut bermain saat Blackburn kalah telak 1-7 di Old Trafford musim lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar